MEMELIHARA IKAN UNTUK KESEHATAN


Memelihara ikan adalah hal yang sangat menyenangkan lagi menenangkan. Sifat dan sikap ikan yang tenang akan banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan dan kondisi psikologis pemeliharanya. Habitat ikan yang adalah tinggal di air secara otomatis juga akan menghadirkan suasana sejuk pada tempat tinggal pemeliharanya. Suara gemericik air kolam dan sesekali bunyi kecipak air dari gerakan ikan-ikan dipercaya dapat merelaksasi syaraf-syaraf yang tegang dan menghadirkan ketenangan batin yang signifikan.

Beberapa ahli kesehatan dan kejiwaan menyebutkan bahwa suara air kolam dan kecipak yang ditimbulkan ikan di dalamnya ternyata mampu menurunkan resiko stroke dan depresi, juga dapat digunakan sebagai salah satu media terapi bagi penderita schizophrenia.

Komposisi gemericik suara air dan suara gerakan ikan berkolaborasi membentuk sebuah gelombang yang frekuensinya mendekati gelombang alpha; suatu frekuensi yang apabila didengarkan dapat beresonansi dengan gelombang otak dan membuat gelombang otak turun ke frekuensi alpha yang membuat tubuh dan fikiran lebih rileks sehingga dapat membantu mengurangi stress, kelelahan dan bahkan dapat membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti jantung, darah tinggi, maag, diabetes dsb. Hal tersebut terjadi karena pada saat otak kita berada pada frekuensi alpha maka terjadi peremajaan sel-sel dalam tubuh kita.yang menghadirkan perasaan rileks, tenang, dan dapat memacu daya kreativitas secara optimal.

Selain manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa yang didapatkan dari memelihara ikan, ada pula manfaat yang dapat dirasakan secara spiritual dari memelihara hewan air yang satu ini.

Secara filosofis, ikan memiliki filosofi yang baik. Habitatnya yang ada di air mencerminkan sebuah kegemaran akan sesuatu yang sifatnya tenang. Jika kita mengkaji lebih dalam tentang makna sejuk,tenang di sini, maka maknanya bisa jadi adalah sesuatu yang jauh dari marah dan sifat emosional. Dengan memelihara ikan dan menyelami karakteristik ikan, diharapkan pemeliharanya akan turut merasakan atmosfir kesejukan dan ketenangan sebagaimana yang tercermin dalam kehidupan ikan.

(FLU)

This entry was posted in

One Response so far.

  1. Unknown says:

    terimakasih kak buat sharingnya memberi inspirasi saya.. kalau ingin tahu cara cara membuat toko online yukk disini aja..

Leave a Reply

Translate